Sabtu, 14 Januari 2012

♥Sholat adalah Tiang Agama♥

♥♥˚◦☆•. (`'•.¸♥♥ ¸.•'´) .• ☆◦˚.♥♥

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Sahabat saudaraku fillah..sholat adalah tiang agama ( Islam ) maka barang siapa yang mendirikannya maka sungguh ia telah mendirikan agama dan barang siapa yang merobohkannya maka ia telah merobohkan agama itu. Islam ibarat sebuah bangunan dengan syahadat sebagai pondasinya , amar makruf nahi mungkar sebagai pelindungnya dan sholat sebagai pilar penyangganya. Jika kita rajin sholat 5 waktu berarti mengokohkan pilar Islam, namun jika kita mengabaikan maka berarti menghancurkan agama. Shalat adalah ibadah yang paling utama dan wajib dilaksanakan. Allah Subhanahu Wa Ta’ala berfirman :

“Sesungguhnya Aku adalah Allah, tiada Rabb selain Aku maka sembahlah Aku dan dirikanlah shalat untuk mengingat Aku.” ( QS. Thaha : 14).

“ ...Sesungguhnya shalat adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang –orang yang beriman. “ ( An-Nisa : 103).

Rasulullah Shallallahu Alaihi Wa Sallam bersabda kepada Mu’adz:

“ Islam dibangun di atas lima perkara: syahadat bahwa tiada Rabb selain Allah dan Muhammad adalah hamba dan utusan Allah, menegakkan shalat, menunaikan zakat, puasa Ramadhan dan haji ke baitullah.” ( Mutafaq ‘alaih ).

Ibadah shalat menduduki posisi lebih istimewa dibanding semua ibadah baik yang sunnat maupun yang wajib karena beberapa hal:

1.Perintah shalat langsung diperintahkan oleh Allah kepada Rasulullah sewaktu peristiwa Isra’ Mi’raj , sedangkan ibadah yang lain diperintahkan melalui wahyu dalam Al-Qur’an lewat perantara Malaikat Jibril.

2. Sholat adalah ibadah yang dilakukan dengan melibatkan seluruh anggota badan. Ada gerakan anggota tubuh, ucapan lisan dan menghadirkan hati secara khusyu’ dengan menghayati apa yang dibaca.

3. Ibadah sholat adalah pembatas antara keimanan dan kekufuran. Orang yang tidak pernah sholat walaupun mengaku beriman kepada Allah maka status keimanannya diragukan.

4. Dalam sholat ketika posisi sujud dikatakan sebagai keadaan seorang hamba sangat dekat kepada Allah.

“ Sesungguhnya sedekat-dekat hamba kepada Allah adalah ketika ia tengah bersujud, maka perbanyaklah do’a ketika itu.” ( HR. Muslim )

Demikianlah kedudukan sholat sebagai wujud ketundukan seorang hamba kepada Allah . Ia adalah simbol ketaatan bahkan simbol kedekatan dengan Allah.Maka saudaraku ..mari kita tegakkan sholat dengan niat untuk melaksanakan perintah-Nya dan sebagai wujud rasa syukur atas segala nikmat yang telah diberikan kepada kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar